Breaking

Jumat, 21 Juli 2017

Pemahaman Patch Panel

Pengertian
Patch panel adalah peralatan atau equipment pada jaringan yang berguna untuk mengatur/memagement kabel agar lebih terstruktur. Tidak banyak yang mengetahui fungsi patch panel ini, akan tetapi jika kita ingin membangun jaringan yang lebih kompleks maka patch panel ini sangat dibutuhkan, Patch Panel biasanya digunakan dalam jaringan komputer, studio rekaman, radio, televisi dll.

Fungsi Patch Panel
Apa itu patch panel, fungsi dan kegunaan patch panel :
Bentuk patch panel sendiri berupa sebuah kumpulan port ada yang berbentuk panjang atau ada juga yang berbetuk persegi . Alat ini yang akan dipasang di dinding untuk mengelompokkan beberapa kabel jaringan. Kita tentu pernah melihat alat seperti ini di beberapa tempat, namun kita tidak menyadari bahwa itu adalah patch panel. Pada dasarnya patch panel adalah sebuah komponen tambahan yang ada dalam jaringan, tidak menggunankan patch panel tentunya tidak masalah, namun tentunya cenderung menyulitkan jika terjadi sesuatu. Patch panel ini biasanya digunakan untuk memudahkan pengelompokkan jack RJ-45. Patch panel ini biasanya terdiri dari 12, 24, 28, 56 port. Tentunya dengan adanya multi port ini akan memudahkan seseorang untuk dapat menghubungkan kabel-kabel ke berbagai macam media penghubung lainnya,seperti switch, dll.
Hasil gambar untuk patch panel adalah
Pada tampilan bagian depan dari Patch panel terlihat seperti kumpulan RJ-45, namun pada bagian belakang, kita dapat melihat ada beberapa port-port yang dapat menghubungkan antara RJ-45 yang telah tersambung dengan kabel. penggunaan patch panel ini kemudian akan disatukan dengan patch cord.
Tentunya kita akan bertanya apa itu patch cord. Pach cord sendiri adalah kabel tambahan, atau potongan kawat tembaga atau kabel fiber optik yang bagian ujungnya dilengkapi dengan konektor yang kemudian dihubungkan dengan patch panel.
Ada juga yang disebut dengan RJ-45. RJ-45 sendiri adalah konektor yang digunakan untuk kabel Ethernet Cat 5. Untuk menggunakan RJ-45 ini tentunya akan harus dipasangkan dengan port, seperti NIC, HIB dan juga modem.
Kumpulan-kumpulan, kabel dan juga berbagai macam peralatan lainnya ini tentunya sangat digunakan untuk dapat menghubungkan berbagai macam alat, agar dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Penggunaan Patch Panel
Hasil gambar untuk patch panel adalah
Patch panel dengan standart ISO memiliki panjang 19 inchi, ukurannya disesuaikan pada rack server dan memang diletakkan pada rack server. Dari patch panel yang ada di rack server akan kita pasangkan kabel utp kemudian kabel utp akan ditarik ke work station atau tempat kerja (user) dan kabel utp tersebut akan diterminasi dengan modular jack.
Tidak banyak orang yang mengerti fungsi dan kegunaan patch panel ini dengan baik, namun perlu diketahui, bahwa ini adalah dasar untuk dapat mengerti bagaimana cara menyambungkan berbagai macam perangkat komputer atau perangkat lainnya dengan baik dan aman.

Kelebihan Menggunakan Patch Panel
Dengan kita mengetahui fungsi patch panel maka kita juga dapat mengetahui apa kelebihan jika kita menggunakan patch panel :
  • Memudahkan Perawatan Kabel.
  • Jika dikemudian hari kita harus maintanance maka akan lebih mudah dengan adanya patch panel dibandingkan dengan langsung ke router atau switch.
  • Tidak Mengganggu Kerja user / work station.
  • jika memang ada kendala pada kabel, maka proses mengganti kabel tidak akan mengganggu kerja user / work station.
  • Hemat Kabel.
  • Seandainya ada penambahan perangkat seperti server router dan switch maka dengan adanya patch panel ini maka kita tidak harus mengulang memasang/tarik kabel utp lagi.
Begitulah pemahaman tentang Patch Panel pada artikel diatas semoga berguna dan bermanfaat bagi anda. Sekian Terimakasih.

Referensi

1 komentar:

Install Debian 9 Via Virtualbox

A. Pendahuluan A.1 Pengertian Debian  adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai ...

Adbox