Breaking

Jumat, 09 Juni 2017

Monitoring Bandwidth Menggunakan BMon Di Linux Mint

Pengertian

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi.

BMon adalah untuk menampilkan statistik penggunaan bandwith dari berbagai macam modul input. Modul disini dapat diartikan dari berbagai macam interface jaringan yang terpasang pada mesin/komputer. Untuk instalasinya cukup mudah tinggal mengetikkan perintah dengan hak akses root.

BMon (Bandwidth Monitoring) tidak jauh berbeda dengan Nload yang menampilkan alur dari semua network interfaces system. Output nya berbentuk grafik dan bagan dengan rincian level paket bandwidth. Untuk distro CentOS harus membutuhkan setting repositori forge.

Installasi BMon : 

#apt-get install bmon
setelah instalasi tinggal ketik di CLI "bmon" (bisa menggunakan hak user biasa/non-root)

Untuk melihat statistik lebih lanjut tekan tombol [g] dan [d] pada keyboard. Tekan tombol [Up] atau [Down] untuk berpindah interface.


Ringkasan penjelasan tentang statistik diatas :
  • Perhitungan bandwith oleh Bmon menggunakan KiB (Kilo Byte/KB). Jadi untuk melihat kapasitas bandwith dalam bit harus dikalikan 8 (1 byte = 8 bit), Mengapa? Karena biasanya operator/ISP menawarkan bandwith dalam ukuran bps (bit per second) bukan Bps (byte per second). Jadi sebagai contoh diatas, terdeteksi bahwa bandwith yang masuk (RX-Receive/Download) rata-rata sebesar 243,95 KiBps ~ 244 KiB. Jika dihitung dalam bit maka kecepatannya adalah (243,95x8)=1.952 Kibps ~ 1,9 Mbps.
  • RX (Receive): Besarnya paket data yang masuk ke dalam jaringan melalui interface. Atau dalam bahasa mudahnya besarnya data yang didownload oleh seluruh user maupun router.
  • TX(Transmite): Besarnya paket data yang keluar dari jaringan melalui interface. Kebalikan dari RX, maka besarnya data yang diupload oleh seluruh user maupun router itu sendiri.
  • RX/TX Rate: Rata-rata besarnya paket data yang keluar masuk jaringan dimulai saat bmon diaktifkan.
Sekian mengenai Monitoring Bandwidth menggunakan BMon, Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Install Debian 9 Via Virtualbox

A. Pendahuluan A.1 Pengertian Debian  adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai ...

Adbox